Operating Sistem Linux Yang Mirip Windows

1:53 AM 0 Comments A+ a-

                                      reactos-logo

Apa itu ReactOS?
ReactOS adalah sebuah proyek perangkat lunak yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem operasi yangkompatibel secara biner dengan perangkat lunak aplikasi dan device driver untuk keluarga sistem operasi MicrosoftWindows NT 5.x dan yang lebih tinggi (Windows 2000 dan yang setelahnya). ReactOS merupakan salah satu perangkat lunak bebas yang menggunakan proses reverse engineering berupa clean room secara keseluruhan.

VirtualBox_ReactOS 0.4Meskipun proyek tersebut sedang dalam tahapan alpha, banyak aplikasi Windows yang telah dapat berjalan dengan baik. Hal ini memang dikarenakan antarmuka dengan aplikasi yang digunakannya sebagian besar berbasiskan Wine yang dapat melakukan emulasi terhadap lingkungan kerja Microsoft Windows yang telah berjalan stabil di dalam sistem operasi UNIX. Kernel ReactOS sendiri ditulis dari awal.
ReactOS sebagian besar ditulis di dalam bahasa pemrograman C, dengan beberapa elemen, seperti ReactOS Explorer, ditulis di dalam bahasa C++. Komponen-komponen ReactOS tersedia secara bebas di bawah GNU General Public License(GNU GPL), GNU Lesser General Public License (GNU LGPL), dan juga BSD License.
Sumber: Wikipedia
Bagaimana gue tertarik dengan ReactOS?
Kabar tentang adanya ReactOS ini sudah gue dengar sejak bulan Agustus 2015 kemarin, dan baru saat ini gue tertarik untuk mencoba. Mengapa? Karena windows yang satu ini adalah Open Source, jadi gue tidak perlu meng-crack apalagi mencari serial number dari si ReactOS tersebut. Karena pada dasarnya ReactOS ini tidak sama sekali membutuhkan Serial Number untuk aktivasi seperti pada windows umumnya. Dari aplikasinya pun ReactOS ini tetap menggunakan ekstensi .exe, jadi kalian dapat menginstal program Windows ini di ReactOS. Setelah baca-baca tentang ReactOS ini gue pun mengunduh nya, tapi yang gue unduh ini bukan ISO nya melainkan Image Virtualbox. Para developer ReactOS sudah menyiapkan 7 pilihan ReactOS untuk kalian download, diantaranya adalah Qemu Preloaded , VMware Preloaded , Virtualbox Preloaded , Source Code , Nightly Builds , BootCD , dan LiveCD.
Tampilan ReactOS
Setelah gue download ReactOS versi Virtualbox Preloaded, gue langsung mencoba nya, dan gue pun sedikit takjub! Karena tampilan ReactOS ini mirip sekali dengan tampilan WindowsXP Classic Style! Lihat, gambar dibawah.

                    VirtualBox_ReactOS 0.4

Dan ReactOS pun sudah di lengkapi dengan Applications Manager yang memudahkan para pengguna untuk menginstal aplikasi di ReactOS.
Bagaimana? Tertarik untuk mencoba nya bukan? Kunjungi halaman ReactOS Downloads disini https://www.reactos.org/download .