7 tips Keamanan Wireless

2:01 AM 0 Comments A+ a-

7 tips Keamanan Wireless


Berikut adalah tips supaya koneksi wireless Anda aman, dan mencegah penyusuppan


  1.        Menggunakan Enkripsi. Pastikkan untuk men-set metode metode  WEP authentication dengan “shared key” dari pada “open system”. Untuk “open system” , tidak mengencrypt data, tetapi hanya melakukan otentifikasi client. Ubah WEP key sesering Mungkin , dan pakai 128-bit WEP di bandingkan dengan yang  40-bit. Jika memungkinkan untuk menggunakan WIFI Protected ACCESS (WPA). WAP harus men-support baik sisi server maupun sisi client .
  2.             Ganti password Default Admisstrator , dan gunakan paling tidak 8 karakter , kombinasi antara huruf dan angka, dan tidak ,menggunakan kata kata yang ada di kamus
  3.         Matikan SSID (service set indentifier ) Broadcasting. SSID adalah nama dari wireless network . Secara default, SSID dari WAP akan di broadcast . Hal ini akan membuat user mudah menemukan  Network karena SSID  karena SSID akan muncul dalam daftar Available Network (Daftar pen carian Jaringan)  Jika SSID di matikan , user harus mengetahui lebih dahulu  SSID-nya untuk  dapat terkoneksi  dengan network . Minimal anda mengubah default SSIDnya.
  4.        Matikkan WAP  (wireless Access Point) jika tidak di gunakan.
  5.         Mengisolasi Wireless Network dari LAN. UNtuk memproteksi  internal network  kabel dari ancaman yang dating dari wireless network ,perlu  kiranya di buat wireless DMZ atau parimeter network yang mengisolasi dari LAN. Artinnya adlah memasang Firewall  Antar wireless network LAN . Dan yang membutuhkan access ke internal network , haruslah melakukan otentifikasi  dahulu dengan RAS server atau menggunakan VPN.
  6.        Memilih antenna yang sesuai sehingga dapat mengontrol jarak sinyal dan arahnya untuk melindungi diri dari intruder .
  7.       Memancarkan  Gelombang pada   Frequensi yang berbeda . salah satu cara keamanan  yang biasanya teknologi 802.11b/g yang lebih popular adalah dengan memakai 802.11a Karena 802.11a bekerja pada frekuensi yang berbeda (yaitu di frequensi 5Ghz),NIC yang di desain untuk bekerja pada teknologi yang popular tidak akan dapat menangkap sinyal tersebut


Oke setelah Tips di atas tentunya pembaca postingan ini udh tau kan  Sekian dari saya
Komputer Tips

Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar