Kelebihan Kelebihan menggunakan Wireless LAN

2:19 AM 0 Comments A+ a-

Kelebihan Kelebihan menggunakan Wireless LAN

Ketergantungan bisnis terhadap jaringan juga perkembangan yang sangat pesat dari internet memberikan ke untungan terhadap pengembangan aplikasi wireless LAN. Saat ini pemanfaatan  wireless LAN telah banyak di gunakan Baik untuk aplikasi internal perusahaan (privat) atau untuk lokasi  Publik (Hotspot) . Dengan semakin semarak pemakaian wireless  maka Menunjukan ke untungan  menggunakan wireless  LAN lebih besar dari pada kerugiannya .
Beberapa survey  menunjukkan bahwa alas an suatu perusahaan /orang  menggunakan wlan adalah factor mobility. Tabel  berikut menggambarkan 3 alasan utama mengapa menggunakan Wlan :
Mobility
No Cabel
Kemudahan Akses
Terdapat beberapa  keuntungan yang di dapat dari penggunaan Wlan , di antaranya :

1 .Mobiltas Tinggi

WLAN memungkinkan client untuk mengakses informasi secara real –time di manapun dalam jangkauan WLAN sehingga meningkatkan kualitas layanan dan produktivitas yang tidak mungkin dapat di berikan oleh jaringan lan biasa. Pengguna di manapun ia berada baik area kantor  bahkan di area public  (hotspot)  akan selalu dapat tersambung ke internet . Dengan demikian akan mendukung komukasi suara , data dan informasi yang lebih cepat guna.
Di dalam penggunannya  di suatu kantor,maka WLAN sangat mendukung untuk aplikasi mobile bergerak .sebagai contoh seorang karywan yang sering berpindah ruangan  (di ruang rapat, ruang kerja, internet/ bila coverage WLAN telah memenuhi  semua lokasi .

2. Kemudahan dan Kecepatan Instalasi

Installasi Wlan sangat mudah  dan cepat tanpa harus menarik dan memasang kabel  melalui dinding  atau atap.  Kabel di gunakan hanya untuk menghubungkan AP  ke jaringan (HUB/switch/Router) .sedangkan koneksi dari station  (computer) yang akan tersambung ke jaringan  LAN di perlukan penarikkan kabel satu persatu ke HUB/SWITCH .
Analoginya  mirip dengan jaringan telepon  dengan media kabel  tembaga yang ke rumah rumah  di mana tiap nomor  telepon di hubungkan satu persatu ke sentral telepon . dengan analogi ini bisa di bayangkan kecepatan instalasi Wlan bila di bandingkan dengan Wired LAN (LAN yang menggunakan Kabel UTP).

3. FLEKSIBEL

Dengan teknologi WLAN , memungkinkan untuk membangun jaringan pada area yang tidak mungkin atau sulit untuk di jangkau oleh kabel seperti  di kota-kota besar, di tempat-tempat yang tidak tersedia infrastruktur kabel , WLAN dapat di gunakan  untuk mengganti teknologi Leased-Line.
Aplikasi riilnya WlAN dapat di gunakan menghubungkan LAN  di antara gedung yang berdekatan  (aplikasi  LAN to LAN). Illustrasi aplikasi WLAN
Contoh Penggunaan  WLAN yang fleksibel adalah mudah di deteksi bila di perentukkan bagi bagian/departemen yang seringmengalami rotasi. Dengan WlAN apa pun perubahan lokasi kerja , perubahan posisi meja tidak berpengaruh. Lain bila menggunakan wired LAN maka di perlukan perbaikkan perkabelan exesting

4. Menurunkan Biaya Kepemilikkan

Meskipun biaya investasi awal  untuk perangkat keras  WLAN lebih mahal daripad LAN konvesional, tapi biaya installasi dan perawatan  Jaringan Wlan lebih murah, Sehingga secara total dapat menurunkan besar biaya kepemilikkan. Disamping itu  sangat cocok  untuk limgkungan dinamis  di mana sering  terjadi perpindahan , penambahan atau perubahan posisi kerja .

5. Scalable

WLAN dapat di gunakan dengan berbagai tpologi jaringan sesuai dengan kebutuhan installasi atau spesifikasi, mulai dari jaringan independen yang  hanya terdiri dari beberapa client saja, sampai jaringan infrastruktur yang terdiri dari ribuan Client.
Proses implemntasi WLAN dapat di lakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan. Misalkan untuk tahap awal hanya memasang satu AP kemudian berkembang menjadi beberapa AP sesuai dengan kebutuhan.

6.Produktifitas

Kapabilitas dalam hal komputasi merupakan suatu syarat mutlak suatu korporasi agar produktivitas karywannya dapat di andalkan .dengan dukungan teknologi WLAn maka karywan dapat selalu tersambung ke internet dalam ke addan mobile.
Dengan dukungan perangkat mobile maka karywan dapat cepat merespon kebutuhan atau komplen pelangan. Hasil akhir dan tingkat penjualan loyalitas pelaggan meningkat.Dalam keaddan tertentu maka proses pengambilan keputusan dapat segera di lakukan.

Oke semua akhirnya selesai juga nih postingan capek ngetik terus Mudah mudahhan kalian paham dengan penjelasan di atas Sekian dan terimah kasih

Salam Komputer Tips